RUDENIM KUPANG TERIMA DETENI ASAL FILIPINA DARI KANIM MAUMERE

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kupang – Rumah Detensi Imigrasi Kupang dibawah Kanwil Kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone,  menerima 1 Orang Warga Negara Filipina berinisial R.A yang diserahkan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Selasa (08/02/2022).

Penyerahan ini dilakukan Kanim Maumere oleh Kepala Seksi Inteldakim Hendy Kurnia Darmawan dan Staf  Kanim Maumere, dikarenakan WNA tersebut Melanggar tindakan administratif Keimigrasian.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang Heksa Asik Soepriadi bersama Kepala Seksi KAMTIB Melsy Fanggi serta Plh. Kepala Seksi RAP Dominggus Koreh dan Kasubsi Kemanan Melky Ballo langsung menjemput Rombongan di Bandara Eltari Kupang.

Kepala Seksi Inteldakim Kanim Maumere, Hendy menjelaskan bahwa Warga Negara Filipina berinisial R.A ini memasuki Wilayah Indonesia melalui jalur tidak Resmi (jalur tikus) di wilayah Nunukan.

RA telah tinggal di Nagekeo tanpa dokumen sejak bulan Juli Tahun 2021, bersama anak dan istrinya yang berkewarganegaraan Indonesia” Jelas” Hendy

Pada kesempatan yang sama Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang, Heksa Asik Soepriadi menyampaikan ; “Saya mengucapkan terimakasih kepada Kanim Maumere atas kerja samanya pada Serah terima pada Hari ini, dan selanjutnya kami dari Pihak Rudenim Kupang akan melakukan Pendetensian terhadap Warga Negara Filipina untuk di tetapkan menjadi Deteni” Ucap Heksa

Kegiatan dilanjutkan dengan Pendetensian yang dimulai dari Pemeriksaan kelengkapan administrasi yang menyertai dengan penyerahan Deteni.

“Barang bawaan Deteni akan di periksa Oleh Petugas RAP untuk di Data serta di lakukan Pengambilan foto dan sidik jari untuk di upload pada aplikasi SIMKIM” Ucap Dominggus Selaku Plh. Seksi RAP

Warga Negara Filipina ini selanjutnya diarahkan ke Seksi Perawatan dan Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Indahwati selaku Kepala Seksi Perkes menyampaikan tupoksi untuk pemeriksaan kesehatan dari deteni. “pemeriksaan tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan, serta pemberian Kebutuhan sehari – hari dari deteni “ , jelas Indah.

RA selanjutnya dikawal oleh Petugas Keamanan dan Ketertiban menuju Blok Single Rudenim Kupang dengan menerapkan Standar Operasion Prosedur yang berlaku.

Scroll to Top