Mengawali Lembaran Perubahan Dengan Deklarasi Janji Kinerja 2022

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tahun 2021 menjadi pembelajaran sekaligus evaluasi bagi Rumah Detensi Imigrasi Kupang yang belum diberikan kesempatan untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dari Menpan RB. Dalam rangka peningkatan kualitas kinerja Kementerian Hukum dan HAM dan penguatan implementasi reformasi birokrasi, Seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM di seluruh pelosok mengikuti kegiatan deklarasi Janji Kinerja, penandatanganan perjanjian kinerja, dan penandatanganan komitmen pelaksanaan zona integritas tahun 2022 secara virtual. Kegiatan yang dilaksanakan langsung dari Graha Pengayoman Kamis 06/01/2022 dengan tema ” Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan berakhlak Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural “.

Kegiatan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2022 diikuti oleh Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang yang mengikuti secara virtual dari Kanwil Kemenkumham NTT dan untuk Seluruh ASN Rudenim Kupang  mengikuti secara virtual dari Aula Rudenim dan Ruangan kerja masing masing pegawai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan Deklarasi ini dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dan Wakil Menteri Edward O. S. Hiariej beserta para tamu undangan beberapa Instansi terkait pembangunan zona integritas. Kegiatan diawali dengan penandatanganan pencanangan pembangungan zona integritas seluruh unit Eselon I yang sekaligus penandatanganan piagam pencangananan dan pakta integritas oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Ketua Ombudsman RI, dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi RI yang menjadi Agenda utama dalam Kegiatan ini.

Firli Bahuri selaku ketua KPK RI yang diberikan kesempatan pertama membuka kegiatan dengan menyampaikan sungguh terpesona  seketika dengan Kemenkumham yang mengangkat tema yang luar biasa karena seiring dgn misi KPK yang terus menindak pencegahan tindakan korupsi. ” KPK tidak pernah lelah melakukan penindakan kasus Korupsi, akan tetapi KPK tidak dapat berjalan sendiri, untuk itu kami juga butuh dukungan dari jajaran Kemenkumham . Apresiasi yang sangat luar biasa  untuk Kemenkumham bagi 171 satker kemenkumham yang telah berpredikat Wbk, maka Kemenkumham dianggap pantas untuk mendapatkan predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan. Kami juga bangga karena  tidak pernah absen untuk kegiatan Kemenkumham dalam terus mengawasi praktek praktek korupsi di negeri ini. ucapkan terima kasih atas apresiasi Kemenkumham yang penuh semangat dalam menolak korupsi, Tutup Firli Bahuri.

Setelah itu sambutan disampaikan oleh Ketua Ombudsman RI Mokh. Naji dengan mengapresiasi kinerja kemenkumham di tahun 2021 bagi masyarakat. Ombudsman terus mengapresiasi mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik yang terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. ” Sasaran kita bukanlah menegakkan hukum untuk tindakan korupsi, akan tetapi kita perlu mencegah sebelum terjadinya tindakan korupsi, ucap Mokh Naji. Untuk itulah kita perlu bersinergi bersama sama dan saya percaya bahwa janji kinerja menjadi satu acuan bagi kemenkumham yang diharapkan outputnya dapat hadir ditengah2 masyarakat menjadi lebih nyata.

 

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly Selaku tuan rumah menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan ceremonial belaka dan perlu ada tindak lanjut positif sehingga pada akhir tahun kita dapat bertemu di refleksi akhir tahun dengan prestasi yang baik dan semua itu untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat indonesia. “ Saya berterima kasih kepada komisi III DPR, KPK, Ombudsman yang terus melakukan pengawalan kinerja Kemenkumham sehingga dapat berjalan lancar dan membuahkan beberapa prestasi. Sinergi dan kolaborasi dengan Kemenkumham akan terus berjalan tak lekang oleh waktu dan kami akan terus mendukung . Kami (Kemenkumham) akan berkoordinasi dengan beberapa instansi/lembaga terkait dengan RUU Korupsi sehingga dapat mencegah Lapas yang overcapacity. ” Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran yang telah bekerja sangat baik, akan tetapi jangan terlena dengan predikat yang telah didapatkan hari ini, Tutup Yasonna Laoly.

Kegiatan Deklarasi Janji Kinerja ditutup dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan Launching Persetujuan otomatis Pencatatan Hak Cipta yang sekaligus pencanangan tahun 2022 sebagai tahun Hak Cipta.

 

Scroll to Top