Penuh Semangat Rudenim Kupang Ikuti On Desk Evaluation Menuju WBK

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kupang – Rumah Detensi Imigrasi Kupang dengan semangat meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) begitu antusias dan percaya diri saat mengikuti Kegiatan On Desk Evaluation Pembangunan Zona Integritas yang dilakukan oleh Tim Inspektorat Jenderal Wilayah V Kemenkumham RI Pada Kamis (27/05/2021)

On Desk Evaluation yang di laksanakan pada aula Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, di Hadiri oleh Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang, Ketua Zona Integritas, Sekretaris, Ketua Tim Pokja 6 Area Perubahan beserta anggota Tim Pokja dan Tim Yel-Yel Rumah Detensi Imigrasi Kupang.

Kegiatan penilaian yang dipimpin Oleh Tim Inspektorat Jenderal, Ichsanudin Eko S,Junita Aristiati, Hafidz Zulkarnain dan Silvina Sari di mulai dengan menampilkan Yel-Yel Rudenim Kupang, Pemutaran Video Jingle, Pemutaran Video Profil Rudenim Kupang, Penjelasan Maskot Rudenim Kupang yang di sampaikan Oleh Karudenim Kupang, serta Pemaparan Materi 6 Area Perubahan oleh Karudenim Kupang.

” Maskot Rudenim Kupang diberi nama “LUIS”. akronim dari Maskot LUIS (Lincah, Unggul, Inovatif, (Sinergi) ialah Lincah, RUDENIM KUPANG mampu memberikan pelayanan secara cepat dan mampu mengikuti perkembangan yang terjadi di era masa kini. Unggul, RUDENIM KUPANG mengedepankan pelayananan yang terbaik, Inovatif, RUDENIM KUPANG terbuka dengan ide – ide baru untuk pelayanan yang lebih baik, Sinergi, RUDENIM KUPANG selalu bekerja sama baik dengan pihak internal dan eksternal untuk mewujudkan pelayanan yang prima. “Ujar Heksa

Dalam Pemaparannya Heksa Asik Soepriadi selaku Karudenim Kupang menjelaskan terkait pelaksanaan 6 area perubahan di Rudenim Kupang untuk meraih predikat Zona Integritas WBK yakni Pada Area Manajemen Perubahan untuk merubah secara sistematis dan Konsisten mekanisme kerja,Pola Pikir, serta budaya kerja kerja Individu ASN Rudenim Kupang
Pada Area Penataan Tata Laksana untuk Meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efekif dan terukur. Pada area Penataan Sistem Manajemen SDM untuk Meningkatkan profesionalisme SDM Pegawai Rudenim Kupang dalam Pembangunan Zona Integritas menuju wbk/wbbm.

Pada area Penguatan akuntabilitas bertujuan untuk mempertanggung jawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan.

Pada area Penguatan Pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan lingkungan organisasi Rudenim Kupang yang bersih dan bebas KKN dan area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

“6 area perubahan ini telah kami upload data dukungnya ke Aplikasi ERB, serta sarana prasarana dalam menunjang pelayan di Rudenim Kupang pun telah kita siapkan seperti ruang ramah anak, ruang laktasi, toilet ramah bagi disabilitas, jalur khusus disabilitas, Ruang Deteni Disibilitas, Mushola , penataan ruang kerja dan masih banyak lagi” ungkap Heksa A. Soepriadi selaku Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang.

Heksa menambahkan bahwa dalam pemberian layanan kepada Pengungsi pada Shelter Rudenim Kupang juga memiliki Inovasi pelayanan Yakni layanan Pengawasan Administrasi Pengungsi (Jemput Bola), Layanan Pergantian Kartu Rusak atau Hilang (D’CAR), Layanan Informasi dan Komunikasi Pengungsi (SLAIN Rudenim) serta Layanan Registrasi Pengungsi (LARU)

Kegiatan dilanjutkan dengan Evaluasi oleh TIM Penilai terhadap Data Dukung Rumah Detensi Imigrasi Kupang yang tujuhkan kepada Masing-masing Ketua Pokja Rudenim Kupang.

Mengakhiri kegiatan ini Ichsanudin Eko selaku Tim Penilai mengapresiasi semangat Rudenim Kupang dalam mewujudkan Zona Integritas WBK/WBBM. salah-satu nya ialah pada saat menampilkan Yel-Yel yang menurut nya ini merupakan langkah awal dalam semangat untuk Menuju Zona Integritas. beliau menyampaikan semoga semangat ini tetap dijaga, Kekompakan dalam Kantor itu juga perlu di jaga.

Ichsanudin Eko juga menambahkan bahwa beberapa koreksi serta masukan dari Tim Penilai dapat menjadi Evaluasi dalam memperbaiki Kualitas Pelayanan maupun memperbaiki beberapa Data Dukung yang nantinya akan di Upload Ke ERB

Scroll to Top