Rudenim Kupang ikuti Kegiatan Internalisasi, Marciana ; Core Values ASN Berakhlak harus di Implementasikan Secara Utuh.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kupang – ASN Rumah Detensi Imigrasi Kupang mengikuti kegiatan secara Virtual Internalisasi dan Implementasi Core Values ASN BerAKHLAK dan Inhouse Training Budaya Kerja ASN di Lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT, Rabu (30/03/2022)

Kegiatan Internalisasi ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone.  Beliau menyampaikan bahwa Nilai Berakhlak menjadi panduan bagi Seluruh ASN untuk kita bekerja dan berprilaku.

“ASN harus mampu memberikan pelayanan prima dan melakukan perbaikan terus-menerus , menjalankan tugas sehari-hari harus didasari dengan sikap Jujur, penuh tanggungjawab dan berintegritas tinggi” Ujarnya

Marciana berharap agar Seluruh Unit Pelaksana Teknis di Kantor Wilayah Kemekumham NTT agar segera menginternalisasi dan mengimplementasikan  Core Values ASN Berakhlak secara utuh.
“Saya minta kepada ASN agar segera nilai-nilai berakhlak ini harus terus-menerus di gaungkan pada setiap momen baik pada apel pagi , pertemuan dengan teman-teman didalam Kantor , rapat dan sebagainya agar terus gaungkan ASN Berakhlak” ajak Marciana

Dalam Sosialisasi ini marciana sebagai Pemateri menyampaikan bahwa Berakhlak merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Dalam Berorientasi Pelayanan setiap ASN harus memahami kebutuhan Masyarakat, Ramah, Cekatan, Solutif, dapat diandalkan dan melakukan perbaikan tiada Henti. Kita harus berkomitmen memberikan pelayanan Prima demi Kepuasan Masyarat”

Akuntabel yakni ASN Kemenkumham NTT dallam melaksanakan tugas dengan Jujur, bertanggungjawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi. Saya tegaskan sekali lagi Kita harus jujur. Jujur dalam penggunaan anggaran Kantor, Jujur dalam memanfaatkan waktu disiplin jam masuk Kerja , dan harus jujur terhadap penerima layanan tanpa ada embel-embel”

Kompoten  yakni meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah , membantu orang lain belajar , menjelaskan tugas dengan kualitas terbaik”

Harmonis yakni  menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, Suka menolong orang lain, Membangun Lingkungan kerja yang kondusif. Perbedaan itu biasa tapi perbedaan itu tidak bias menjadikan alasan untuk kita tidak Harmonis”

Loyal  yakni Memegang teguh ideologi Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Pemerintahan yang Sah, Menjaga nama baik ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara serta Menjaga rahasian jabatan dan Negara”

Adaptif yakni  Cepat menyesuaikan diri mengahadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas serta bertindak proaktif”

Kolaboratif yakni Memberi kesempatan kepada berbagai pihak utuk berkontribusi, Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah dan menggerakan pemanfaatan berbagai sumberdaya untuk tujuan bersama”.

“Yang ada didalam  Core Values ASN Berakhlak ini sebenarnya sudah kita lakuakn setiap hari , tetapi itu belum didukung dengan perubahan prilaku sepenuhya yang di gaungkan oleh Core Values ASN Berakhlak” Tegas Marciana

Scroll to Top