Menutup Akhir Tahun, Rudenim Kupang laksanakan Monev Program dan Kegiatan Tahun 2021

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kupang – Memasuki minggu terakhir di Tahun 2021, Rudenim Kupang melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi dalam rangka mengevaluasi capaian kinerja Tahun anggaran 2021. Kegiatan yang dilaksanakan Minggu (19/12/2021) bertempat di Aula Boniana Kabupaten Kupang dengan melibatkan Seluruh ASN,CPNS maupun PPNPN Rudenim Kupang yang juga sekaligus menjadi transparansi evaluasi kinerja. Monitoring dan Evaluasi ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT Marciana Dominika Djone beserta Kepala Divisi Imigrasi, Kepala Divisi Administrasi dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham NTT yang juga dihadirkan untuk terlibat dalam kegiatan ini.

Kegiatan diawali oleh Kasubag Tata usaha matias horo yang sekaligus sebagai ketua panitia dalam kegiatan mendetailkan tentang kegiatan monitoring dan evaluasi pegawai Rudenim. ” Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program dan Kegiatan Rumah Detensi Imigrasi Kupang bertujuan untuk melakukan evaluasi atas Kinerja selama Tahun 2021 pada masing-masing Bagian/ seksi sehingga dapat mengetahui hambatan – hambatan dan juga solusi guna meningkatkan optimalisasi capaian target kinerja organisasi kedepannya “, Ucap Matias. Kegiatan ini juga agar mendapatkan masukan sekaligus menjadi tolak ukur pelaksanaan kinerja organisasi kedepannya.

Heksa Asik Soepriadi selaku Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang menjelaskan mengenai Evaluasi Kinerja Rumah Detensi Imigrasi Kupang yang sejauh mana perencanaan, pelaksanaan dan juga penyerapan anggaran dilaksanakan oleh masing-masing Urusan/ Seksi sebagaimana juga yang tertuang dalam RKAKL 2021 masing-masing urusan/seksi. Untuk menghasilkan penyerapan anggaran yang efektif dan efisien diperlukan suatu rencana penyerapan anggaran yang komprehensif. Keberhasilan dan kegagalan program yg dilaksanakan dapat diukur dari pretasi dan capaian kinerja baik. Sejauh yang kita tau, bahwa tahun 2021 ini, banyak rencana kegiatan dalam RKAKL kita yang terhambat karena adanya pandemic Covid-19 ini, namun ada juga kegiatan yang bisa dijalankan semaksimal mungkin oleh setiap urusan/seksi. sehingga perlu kita melakukan evaluasi agar mengetahui hambatan dan solusi lebih lanjut dan menentukan target atau perencanaan ditahun 2022 untuk dapat bekerja lebih maksimal dan efektif. Untuk itu perlu adanya evaluasi dan juga perencanaan secara berkelanjutan. ” Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, membuat kita semua baik ASN dan PPNPN Rumah Detensi Imigrasi Kupang, untuk terus termotivasi dan bekerja dengan ikhlas demi tercapaianya kinerja kedepannya, Jelas Heksa.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT Marciana Dominika Djone menyampaikan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program dan Kegiatan Rumah Detensi Imigrasi Kupang Tahun 2021 saat ini sangatlah penting, maka dimohon kepada seluruh peserta rapat agar dengan serius mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir, sehingga bersama-sama dapat merumuskan kendala-kendala dan solusi kedepan dalam mewujudkan pencapaian target kinerja sesuai yang telah ditetapkan. Kepala Kantor Wilayah yang sering disapa Mercy ini menambahkan tentang IKPA Rudenim Kupang yang menurutnya sangat rendah untuk itu perlu dievaluasi. ” Kegiatan harus tetap dijalankan dengan protokol kesehatan, bukan tidak dilaksanakan sama sekali, Tegas Mercy. Kegiatan yang telah dilaksanakan perlu dilengkapi data dukungnya seperti kwitansi beserta laporannya. Perlu dipersiapkan juga untuk kedatangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) lagi di bulan Februari Tahun 2022. Rudenim Kupang juga perlu membuatkan Analisa Jabatan (Anjab) pegawai terbaru untuk dilaporkan ke Kantor Wilayah dalam proses mutasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT. Menutup rangkaian acara Mercy mengharapkan agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan sehingga memberikan pemahaman kepada kita semua untuk tidak terjebak pada rutinitas saja, tetapi harus mampu menciptakan strategi baru melalui kolaborasi dan sinergitas.

Scroll to Top